Kamis, 23 September 2021

Memeriksa Dan Menguji Hasil Pekerjaan Menggulung Ulang kumparan stator Motor Listrik 1 Fasa 36 Alur 4 Kutub

Oleh Dwi Hani N 

Materi ini adalah materi lanjutan dari materi sebelumnya, yaitu : Menggulung Ulang Kumparan Stator Motor Listrik 1 Fasa 36 Alur 4 Kutub. Setelah membongkar dan  menggulung ulang kumparan motor listrik AC 1 Fasa, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa dan menguji serta melaporkan   hasil  Pekerjaan  tersebut.

     Alat-alat yang dibutuhkan:

  1.  Multimeter (AVO meter)               1 buah
  2.  Megger                                           1 buah
  3.  Tang amper                                    1 buah
  4.  Tachometer                                    1 buah
  5.  Tang Kombinasi                             1 buah
  6.  Tang lancip                                     1 buah
  7.  Tang potong                                   1 buah
  8.  Kunci pas                                        1 set
  9.  Obeng pipih/pemotong                 1 buah
  10.  Tespen                                            1 buah 

Memeriksa Hasil Pekerjaan Menggulung Ulang kumparan stator Motor 1 Fasa   

1. Mengecek sambungan gulungan kawat/ kumparan secara keseluruhan menggunakan AVO meter. Artinya untuk mengetahui apakah dalam kumparan Utama benar-benar tersambung atau apakah ada yang putus?Demikian pula dengan Kumparan Bantunya. Yaitu mengukur tahanan/sambungan antara ujung kumparan  Utama  A–B. Kemudian mengukur  sambungan antara ujung kumparan  Bantu a-b.

2. Mengukur tahanan isolasi dengan megger. Adapun bagian yang diukur tahanan isolasinya yaitu :
Antara Ujung Kumparan Utama (Ku) dan Ujung Kumparan Bantu (Kb)
Antara Ujung Kumparan Utama (Ku) dengan poros
Antara Ujung Kumparan Bantu (Kb) dengan poros
Antara Ujung Kumparan Utama (Ku) dengan Body motor
Antara Ujung Kumparan Bantu (Kb) dengan Body motor

Rangkaian Pengujian

Sebelum menguji hasil pekerjaan menggulung ulang kumparan stator motor listrik AC 1 Fasa, maka rangkaian pengujiannya menggunakan rangkaian berikut ini :

A. Motor Running Capacitor

Kapasitor dihubungkan seri dengan kumparan bantu, dan terhubung paralel dengan kumparan utama, yang semuanya terhubung paralel dengan sumber tegangan. Ku, Kb dan kapasitor tetap terhubung pada sirkuit jala-jala saat Motor bekerja. Umumnya  banyak dipakai pada jenis motor pompa air, dimana Ku dan Kb jumlah lilitannya sama banyak, diameter Ku lebih besar dari diameter Kb. Kopel jalan/ torsi jalan motor ini merata


B. Motor Starting Capacitor

Kapasitor dihubungkan seri dengan belitan/kumparan bantu dan saklar sentrifugal. Motor ini mempunyai kopel yang lebih kuat

Menguji Hasil Pekerjaan dengan Rangkaian

Lengkapi data dari pengujian hasil pekerjaan menggulung ulang kumparan stator motor listrik AC 1 Fasa pada tabel berikut ini

Capacitor

Starting Capacitor

Running Capacitor

Arus Start

Arus Nominal

RPM

Arus Start

Arus Nominal

RPM

6 μF

 

 

 

 

 

 

8 μF

 

 

 

 

 

 

10 μF

 

 

 

 

 

 

12 μF

 

 

 

 

 

 

16 μF

 

 

 

 

 

 



Selamat menguji

CONTOH PEMROGRAMAN KNX DENGAN SOFTWARE ETS

https://hanijati.blogspot.com/ Hal yang perlu diperhatikan dalam pemrograman KNX dengan Software ETS adalah Perencanaan desain bangunan Pe...